Minggu, 17 Februari 2019

Book Review : The Smart Solution Book

Ternyata menjaga untuk bisa konsisten agak sulit kalau belum terbiasa. Tapi harus tetap berusaha. Komitmen membaca 1 buku per bulan belum bisa dicapai awal bulan Januari kemarin. Masih PR saya mengatur waktu yang ada. Selanjutnya kita perbaiki ya. 

So, Book of the 2 month pertama kali ini saya baca buku yang sedikit agak berat dibaca (menurut saya). Dengan detail sbb : 

Judul : The Smart Solution Book 
Penulis : David Cotton 
Penerbit : PT Elex Media Komputindo 
ISBN 978-602-04-4970-8 

Saya beli Cetakan kedua : April 2017
Dengan harga : Rp 69.800,- 
Dibeli tanggal : 27 Januari 2019 @ Toko Buku Gramedia 


Buku ini berisikan tentang panduan "Bagaimana kita memecahkan suatu masalah" dalam diri, pekerjaan, karir, komunitas & aspek kehidupan lainnya.

Dalam kehidupan ini, kita tidak akan pernah luput dari masalah. Mulai dari masalah dalam diri sendiri, dalam berinteraksi dengan orang sekitar dengan berbagai macam urusan seperti rumah tangga, pekerjaan, karir dan bisnis. Tapi yang terpenting ternyata bukan masalah nya ringan atau berat. Melainkan bagaimana kita menghadapi masalah tersebut. 

Bagaimana kita memberikan sudut pandang terhadap masalah tersebut, mengurainya menjadi masalah yang lebih kecil, sehingga kita bisa fokus pada inti masalahnya yang membantu kita lebih menghemat waktu dan bisa efektif dalam menyelesaikan masalahnya. 

Kenapa sesuatu hal menjadi "masalah" ?, Dalam buku ini disebutkan, masalah bisa dalam berbagai bentuk, yaitu : 

  1. Ketidaksesuaian antara harapan dan kenyataan K. 
  2. Kegagalan mencapai standar yang telah ditetapkan. 
  3. Kebutuhan untuk mencapai sesuatu melebihi standar yang telah ada. 
  4. Performa atau hasil yang tidak konsisten. 


Ada salah satu quote yang saya suka dalam buku ini. "Einstein pernah mengatakan : Jika saya punya waktu satu jam untuk menyelesaikan sebuah masalah, saya menghabiskan 55 menit untuk memahami masalah, dan 5 menit untuk menyelesaikannya". 

Wow, betapa pentingnya memahami suatu masalah sampai porsinya harus 90 persen lebih waktu yang dihabiskan untuk memahami inti dari masalah yang ada. Meskipun memang kita menjadi harus ekstra mencari tahu agar berbekal kan materi atau pengetahuan yang cukup untuk bisa memahaminya. Disinilah tantangan nya. Menuntut kita untuk terus "berfikir" supaya kita menjadi lebih kreatif karena sel - sel otak kita dirangsang terus untuk mengeluarkan ide - ide. Tidak menjadi orang yang selalu Stuck!. 

Tapi kita harus hati - hati juga dalam merumuskan masalah. Ada point penting yang harus digaris bawahi dalam merumuskan masalah. Dalam buku ini disebutkan : kita harus menanyakan pada diri sendiri juga saat merumuskan masalah - Apa yang kita tahu sebagai BENAR dan apa yang telah kita ASUMSIKAN sebagai kebenaran -. Kedua hal ini sangat rentan tertukar yang bisa menyebabkan bias, sehingga masalahnya tidak akan terurai dan inti atau akar masalahnya tidak akan diperoleh. 

Tapi kenyataannya, memang sulit memberikan pandangan mana yang disebut Benar dan Mengasumsikan Kebenaran. Hahaaa.. pusing jugaa ini kata - katanya. 

Meski buku ini termasuk dalam kategori buku "Business". Tapi menurut saya sangat enak dibaca, serta mudah untuk kita mencoba mengaplikasikannya. Karena dalam buku tersebut dijelaskan dengan sangat detail setiap "Teknik - teknik" untuk memecahkan masalah baik individu maupun kelompok. 

Mulai dari Apa nama alat yg dapat digunakan, Kapan dapat digunakan, Apa saja yang harus disiapkan, Sangat detail juga dijelaskan Bagaimana cara menggunakannya, Serta Hal - hal penting yang harus   kita perhatikan. 

Untuk kamu yang sedang senang membaca buku tentang pengembangan diri, self coaching atau sedang membangun pondasi positif thinking, buku ini sangat bagus dibaca. Selain hal - hal praktis yang disampaikan, dalam buku ini juga memberikan kita sudut pandang lain dalam melihat sesuatu. Menurut saya sangat menarik. Jadiii... Jangan lupa baca hari ini. 

Semoga review buku pertama saya ini bisa memberikan salah satu alternatif bacaan buat kamu.   

Sekian dulu review buku saya. Mungkin selanjutnya sempat terfikir review film dan drama korea (tentu saja menurut sudut pandang saya) yang suka saya tonton, semoga bisa. Hehee

Terimakasih. 
Happy reading ! 

Ratu. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar