Selasa, 09 Oktober 2012

Sekilas Tentang Internet Marketing (IM)

Hari ini saya mau review apa yang sudah saya baca dan pelajari, yaitu sekilas mengenai "Internet Marketing (IM)".

Secara garis besar internet marketing terbagi dalam dua bagian :
1. Source of Income (Sumber Penghasilan)
2. Traffic Generation (Cara Promosi)

Hmm... sama halnya di dunia offline. Kalau mau 'usaha' kita harus punya dulu apa yang dapat kita jadikan 'sumber penghasilan' untuk bisa menghasilkan uang, boleh dalam bentuk jasa, barang, makanan, dsb. Setelah kita punya 'sesuatu' itu, selanjutnya adalah bagaimana agar 'sesuatu' yang kita punya itu dapat menghasilkan keuntungan, yaaa caranya adalah kita harus bisa jual, bagaimana agar bisa terjual, maka kita harus punya cara agar orang tahu apa yang sedang kita jual itu sehingga dapat terjadi transaksi jual - beli. disitulah kita harus cari caranya yaitu 'promosi'.

Begitu juga dalam dunia online, untuk bisa menghasilkan uang maka kunci utamanya adalah kita harus mengkawinkan antara Source of Income (sumber penghasilan) dengan Traffic Generation (cara promosi).

Sumber Penghasilan dalam dunia online secara garis besar terdiri dari 5 bagian, yaitu :

1. PPS (Pay Per Sale)
Adalah program affiliate yang dimana vendor/merchant (yang memiliki produk/jasa) akan memberikan % komisi kepada kita sebagai online marketer/affiliate jika terjadi pembelian jasa/produk tersebut.
Contoh : Amazon.com

2. PPC (Pay Per Click)
Adalah program affiliate yang memberikan komisi berdasarkan klik pada iklan.
 Contoh : Google Adsense

3. PPL (Pay Per Lead)
Program affilate yang memberikan komisi berdasarkan data pelanggan yang affiliate/online marketer berikan.
Contoh : banyak perusahaan asuransi yang membutuhkan data pelanggan yang membutuhkan asuransi.

4. Menjual Produk Sendiri
Tentu saja ini kita bisa menjual produk sendiri dalam bentuk apapun, baik yang tangible (sepatu, snack, baju, tas, jam tangan, dll) dan intangible (ebook, software, jasa, video training, dll).

5. Online Auction (Pelelangan)
Pelelangan.
Contoh : ebay

Nah,, traffic generation atau "cara promosi" yang biasa digunakan,diantaranya adalah :

1. Pay Per Click Advertising
Kita bisa membeli iklan dengan membayar setiap klik yang dikirimkan oleh vendor iklan. Misal : Google Adwords.

2. Search Engine Optimization (SEO)
Mengoptimalkan situs kita agar berada di rangking atas search engine (misal Google) untuk menjaring traffic yang banyak.

3. Email Marketing
Memberikan email promosi, news letter, dll secara periodik atas dasar persetujuan si pemilik email. Bukan spam yaaa..

4. Social Media Marketing
Kita bisa promosi di social media marketing seperti facebook, twitter, pinterest,dll.

5. Mobile Advertising
Salah satu jalan untuk menjaring massa online yaitu melalui mobile Advertising seperti Admob.com

Hmm,,, segitu dulu kali yaaa review hari ini, maaf kalau masih ada yang kurang gamblang, maklum namanya juga masih belajar. Dipersilahkan jika ingin menambahkan atau mengkoreksi hasil catatan saya ini, kita sharing aja..

Oke deh c u next review..
Warm Regards,
Ratu
 Ingin Belajar Internet Marketing ???, Klik Aja!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar