Rabu, 10 Oktober 2012

Tentukan Langkah Awal Memulai Bisnis Online

Assalamu'alaikum...

Setelah sebelumnya saya posting mengenai overview Internet Marketing. hari ini saya mau posting sekilas, langkah apa saja yang harus dilakukan untuk memulai bisnis online ini.

Poin pertama adalah, tentukan terlebih dahulu source of income (sumber penghasilan) apa yang akan kita jalankan, apakah itu PPS, PPC, jual produk sendiri atau yang lainnya. Pilihannya adalah sesuaikan dengan kondisi kita, mana yang lebih nyaman menurut kita untuk dijalankan.

Setelah kita tentukan source of income, selanjutnya adalah menentukan traffic generation (cara promosi) yang akan digunakan. Pilihlah salah satu cara promosi yang menurut kita paling nyaman untuk kita jalankan, baik itu email marketing, SEO, social media marketing,dsb. Jadi pada intinya seperti yang saya ungkapkan di postingan sebelumnya, kita harus mengawinkan antara sumber penghasilan dengan cara promosi.Yang pasti apapun yang kita jalankan harus tetap FOKUS. Fokus ini yang sulit untuk dipertahankan!. But you have to Focus, Focus, Focus, Focus and Focus. Ini pesan dari Bu Guru di sekolah.

Setelah merasa yakin dengan pilihan yang sudah ditentukan, Lakukan langkah di bawah ini :

1. Tentukan Ide Bisnis Kamu
Mulai cari ide bisnis apa yang akan kita fokuskan. Pesan dari Bu Guru, lebih baik lagi jika ide bisnis tersebut "lebih spesifik". Contoh : Jika kita punya ide bisnis tentang "makanan", maka buatlah menjadi lebih spesifik seperti : makanan bayi, macam - macam makanan ringan, makanan untuk diet, dsb.

2. Riset Produk yang Akan Dijual
(Untuk kamu yang mengikuti program affiliate). Cari / riset produk jenis apa yang akan kita jual sesuai dengan ide bisnis yang sudah dibuat. Jika produk berupa intangible seperti ebook, software, club keanggotaan atau yang lainnya, lakukan analisa lebih dalam. Misal : apakah banyak affiliate/online marketer yang menjualnya, apakah banyak atau tidak pembeli yang meminta uangnya kembali, lihat harga produk tersebut, berapa persentase merchant/vendor memberikan komisi kepada kita dan review news letternya apakah professional atau tidak. Point - point tersebut dapat diriset menggunakan tools berbayar.

3. Mulai Riset Kata Kunci (Keywords)
Saatnya tentukan kata kunci yang akan kita gunakan. Karena dalam internet marketing kata kunci = pasar dan setiap kata kunci yang berbeda memiliki pasar yang berbeda pula. Misal :  kata kunci "chocolate" memiliki pasar yang berbeda dengan "black chocolate", "white chocolate", "chocolate cake", dsb. Riset kata kunci disini dapat menggunakan Adwords Keyword Tool.

Kata kunci merupakan pondasi dalam bisnis online, jika kata kunci yang kita bidik tidak tepat maka bisnis online kita gak akan jalan alias nihil. So, kita musti serius ngerjainnya.

4. Riset Kompetisi dari Keywords yang Dipilih
Setelah kita riset kata kunci dari produk yang dipilih, selanjutnya riset seberapa ketat kompetisi dari kata kunci tersebut. Kita harus bisa mencari kata kunci yang banyak dicari tetapi sedikit persaingannya. Hal ini harus dilakukan agar kita mendapatkan rangking di search engine seperti Google. Karena dengan rangking teratas (minimal masuk 2 halaman depan Google), traffic akan datang dan berpotensi terjadinya penjualan jika produk yang kita tawarkan tepat.

Setelah kita punya kata kunci yang oke, lakukan langkah berikutnya, yaitu :

5. Siapkan Domain dan Hosting
6. Buat Konten yang Berkualitas
7. Online kan Website kita
8. Promosikan deh!

Point 5 - 8 belum saya uraikan, mudah-mudahan di postingan selanjutnya bisa saya jelaskan sekilas.

Hmm,, oke deh sampai disini dulu sharing saya, semoga bermanfaat. Silahkan jika ada saran atau tambahan yang lebih jelas lagi.

Warm Regards
Ratu

Yuuukk, Belajar Internet Marketing. Klik Aja Disini !!!

1 komentar:

  1. terimakasih atas infonya gan, sangat membantu ne.
    dan juga menambah ilmu saya di bidang ini.
    terimakasih ya gan.
    salam hangat.

    BalasHapus